Belibenih.com Tips cara membuat pertumbuhan pohon karet lebih cepat dan bisa menghasilkan banyak getah. Pohon Karet sama seperti pohon lain pada umumnya yang perlu nutrisi untuk tumbuh.

Pohon karet sama seperti pohon – pohon lainnya yang dapat tumbuh di daerah tropis seperti di Indonesia. Pertumbuhan pohon karet sama seperti pohon kelapa, pohon jambu dan pohon – pohon lainnya yang hidup disekitar kita.

Siklus pertumbuhan pohon karet sama seperti lainnya yang awal pertumbuhannya dari biji lalu tumbuh dan berkembang sampai pada masa untuk bisa menghasilkan getah.

Pohon Karet memiliki masa pertumbuhan yang idealnya atau dari menanam sampai bisa menghasilkan getah sekitar 5 – 7 tahunan tergantung pada bibit dan perawatan lahannya.

Lalu bagaimana atau bisakah mempercepat pertumbuhan pohon karet dari menanam sampai bisa menghasilkan getah ?

Bisa saja mempercepat laju pertumbuhan pohon karet agar lebih cepat besar dan bisa menghasilkan getah karet.

Tips dan Cara Mempercepat Pertumbuhan Pohon Karet

Pada dasarnya pohon karet yang sudah ditanam maka akan bisa tumbuh dan berkembang dengan sendirinya. Namun untuk mempercepat laju pertumbuhan pohon karet supaya lebih cepat besar bisa mengikuti kiat – kiat berikut ini :

1. Memilih Lahan

Di daerah saya Sumatera Selatan Pohon karet dapat tumbuh dengan baik. Saran admin untuk memilih lahan perkebunan karet pilihlah lahan yang belum bekas penanaman pohon lainnya.

Usahakan pilihlah hutan yang masih fres atau belum dibuka atau yang belum pernah ditanami. Yang bertujuan untuk supaya kandungan gizi atau nutrisi pada tanah masih banyak.

Setalah mendapatkan lahan para petani tinggal membuka lahan dengan menebang habis atau total  kayu yang ada lahan.

Peraturan pemerintah tidak boleh lagi membuka lahan dengan cara membakar lahan. Saran admin jika terpaksa ingin membakar lahan usahakan untuk memanduk terlebih dahulu.

Memanduk atau mengumpulkan kayu ranting menjadi beberapa tumpukan lalu dibakar. Memanduk bertujuan supaya api tidak menyambar ke lahan yang lain sehingga mampu mengurangi asap polusi udara.

2. Memilih Bibit Berkualitas

Bibit mempengaruhi laju pertumbuhan pohon karet, pilihlah bibit yang unggul super atau menjadi standar supaya pohon yang ditanam bisa tumbuh dan menghasilikan getah yang diharapkan.

3. Menanam Bibit Karet

Setelah memilih bibit yang bagus tinggal proses penanaman. Untuk penanaman 3 – 5 hari sebelumnya buatlah lobang sebesar wadah polybag dan kedalaman kira – kira sekilan lebih dan pasanglah anjir / kayu yang ditancapkan supaya penempatan lobang bisa lurus dan rapih.

Lalu setelah 3 – 5 hari tanamlah bibit karet di lahan yang sudah di lobangi, jika bibit Unggul / super usahan menanam tidak sampai menutupi mata tunas.

4. Merawat Bibit Karet

Lakukan Perawatan secara teratur seperti menjaga lahan tetap bersih dari gulma atau hama, Lalu pemberian Pupuk yang tepat dan teratur yaitu 2 x dalam setahun.

Jika merawat pohon karet dilakukan dengan sabar dan tepat maka pohon yang karet yang sudah ditanam akan dapat cepat tumbuh besar dan memiliki getah yang banyak.

Sekian Informasi tips dan cara agar pertumbuhan pohon karet lebih cepat besar dan bisa menghasilkan getah yang banyak semoga bermanfaat bagi petani karet. Jika ingin melihat informasi seputar pohon karet lainnya bisa kunjungi belibenih.com ya.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *